Thursday, March 22, 2018

Cara Instal LAMP Web Server di Debian 9 Strecth

LAMP Server

LAMP adalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap. Dalam postingan kali ini saya tidak memberikan cara instalasi linux Debian, langsung saja pada konfigurasi Apache2, Mysql dan PHP.

1. Web Server (Apache)

Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.
Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.
Apache merupakan software opensource yang dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang di bawah naungan Apache Software Foundation.
Untuk mengawali kita akan menginstal web server apache yakni dengan mengetikan perintah berikut.

Kemudian ketik y untuk melanjutkan lalu enter.

Buka web browser pada client kemudian masukan url amalat ip dari server debian http://192.168.137.2



2. Database Server (Mysql)

Database Server adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer (umumnya merupakan server) yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. Sistem manajemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsi-fungsi server basis data, dan beberapa SMBD (seperti halnya MySQL atau Microsoft SQL Server) sangat bergantung kepada model klien-server untukmengakses basis datanya.Software untuk Database Server
Dari sekian banyak Database Storage Engine, ada 5 engine yang paling banyak digunakan yaitu Ms. Access, MySql, SQL Server, Postgre dan Oracle. Semuanya mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multialur, multipengguna, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, di mana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, di mana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius.Berikut perintah untuk menginstal mysql.

Kemudian jalankan perintah 

3. PHP7.0
PHP pertama kali diluncurkan oleh seorang yang bernama Rasmus Lerdoft pada tahuan 1995. Pada saat itulah PHP bernama FI (Form Interpreted) adalah sekumpulan script yang digunakan untuk mengelolah data form dari web. Kemudian perkembang selanjutnya, Rasmus melepaskan kode kode sumber tersebut dan menamainya PHP atau FI yang berarti kepanjangan menjadi Personal Home Page atau  Form Intrepted. Dengan pelepasan kode sumber tersebut PHP menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik dengan pengembangan dari PHP.
PHP Versi 7.0 akan digunakan pada debian 9, sebuah proyek lanjutan PHP mulai mengemuka, yakni PHP 7. Kalangan programming sedikit bingung dengan penamaan versi PHP yang akan dirilis ini, apakah akan menyebutnya sebagai PHP 6 atau PHP 7. Walaupun PHP versi 6 telah resmi ditinggalkan, namun banyak artikel dan buku yang ditulis mengenai PHP 6. Setelah mengambil voting, nama PHP versi 7 akhirnya menjadi keputusan final. Dengan demikian, kita tidak akan melihat PHP versi 6, dan langsung ‘loncat’ ke PHP 7. PHP 7 berkembang dari proyek experimen yang dinamakan PHPNG (PHP Next Generation). Proyek PHPNG bertujuan untuk menyusun ulang kode PHP untuk meningkatkan performa. Pada Juli 2014, sebuah percobaan mendapati hasil bahwa PHPNG mengalami peningkatan performa hampir 100% dari versi PHP sebelumnya.
Ketik perintah berikut untuk menginstal php7.0

Kemudian ketik y kemudian enter untuk melanjutkan.

Setelah selesai menginstal, kemudian membuat file php, buat file tersebut didalam direktori /var/www/html tempat dokumen root web server ,ketikan perintah dibawah.

Kemudian isi file tersebut dengn skrip php seperti gambar dibawah, kemudian keluar dan simpan dengan mengetikan ctrl+x kemudian tekan y lalu enter.

Kemudian buka web browser client dengan memasukan url http://192.168.137.2/info.php. Jika dilihat halaman tersebut berisi informasi tentang server debian dan php itu sendiri.

Instalasi dan konfigurasi LAMP server telah selesai.

Previous Post
Next Post

0 comments: