Saturday, September 10, 2016

CCNA R/S Training "GNS3 (Instaling loopback Adaptor in Linux Mint)"

Assalamualaikum.....

 
Pada hari terakhir training CCNA ,alhamdulillah saya mendapat kan materi yang berbeda dengan hari sebelumnya.sebelumnya kan belajar Packet Tracer nahh pada hari ini materinya melalui GNS3.
Curhat Dikit ya..
hari ini kan Hari terakhir mas Ardes (pemateri) mengadakan doorprize sebelum dia kembali lagi ke Bandung,ia meminta untuk 4 anak yang berani maju ke depan untuk maju dan menghadapi pertanyaan saya maju perempuan sendiri dan ternyata pertanyaan tersebut sangat lah gampang ,hadiahnya ada 3 buku CCNA Lab Cisco dan 1 buku CentOS 6 Linux Server Cookbook,ternyata saya mendapatkan CCNA Lab Cisco
alhamduillah ya..ini merupakan sebuah amanah.Aslinya saya pingin CentOS 6 Linux Server Cookbook,tetapi ada yang lebih pantas untuk menerima buku tersebut dia teman atu PKL saya dari Kediri.
curhatnya selesai ..yukk kita lanjut ke materi...


1.Latar Belakang

Pada kesempatan hari terakhir training CCNA kali ini banyak sekali kesan dan pesan dari saya .Pada materi terakhir ini saya akan menjelaskan apa yang saya dapat dari pelatihan hari sabtu ini yaitu tentang install loopback adaptor .Kebetulan sebelumnya saya juga sudah install loopback adaptor tapi di windows..nahhh sekarang saya akan melakukan nya di linux,perlu teman teman ketahui bahwa cara penambahan Loopback pada Windows dan linux sangatlah berbeda padahal ,tujuan nya disini adalah hanya membuat GNS3 dapat terkoneksi ke Internet.Untuk lebih jelasnya kita lanjut ke pngertiannya yaa...

2.Pengertian

Apa sih yang di namakan Loopback Adapter itu? loopback adapater adalah sebuah virtual Network Adapter “klo biasanya sistem operasi yang di virtualkan kali ini network adapternya yang di virtualkan” , jadi intinya memvirtualkan Nework adapter, membuat komputer yang sebenarnya standalone seperti sedang terkoneksi ke jaringan/switch atau juga komputer yang lain (network dalam keadaan connected) . Loopback adapter bisanya di gunakan untuk menghubungkan antara sistem operasi yang sedang runing dengan  sistem operasi yang ada di virtual machine (Virtualbox,VMware) selain itu berguna untuk menginstall aplikasi-aplikasi yang mewajibkan Netowrk dalam keadaan connected (IP up).Nahh kali ini saya lakukan pada aplikasi GNS3.

3.Maksud dan Tujuan

Mengkoneksikan GNS3 Dengan internet dengan cara Memasukkan Cloud kemudian cloud tersebut akan saya kasih loopback adaptor yang nantinya terlebih dahulu kita tambahkan.



4.Alat yang Dipersiapkan


  • GNS3
  • laptop

5.Langkah Langkah

pertama kita intal uml-utilities




jika sudah muncul tampilan seperti ini
hialngkan pagar



Kemudian kita kasih perintah seperti dibawah ini 



jika sudah kasih perintah iptables -t nat -A POSTROUTING -j MASQUERADE



kemudian kita kasih perinth sudo tunctl -t tap0

untuk menambah interface tap0



setelah itu kasih alamat ip dan netmask


kemudian kasih alamat ip juga di nano /etc/network/interfaces
jika udah ketik perintah ctrl+x kemuian y lalu enter


kemudan restart dengan perintah berikut


jika sudah silahkan cek dengan mengetikan perintah di bawah ini


lalu akan muncul interfaces tap0


selesai



6.Hasil dan kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan bahwa tap0 nantinya akan saya tmbahkan ke cloud sebagai virtual interface yang nantinya bisa saya koneksikan ke device lainnya

7.Refereni

Nixtrain

Previous Post
Next Post

0 comments: