Saturday, October 15, 2016

Cara Instal dan Konfigurasi LAMP-Server Pada Linux Mint Mate 17.3 dan 18 "How to Install and Solve The Problem Inside Them"

 Cara Instal dan Konfigurasi LAMP-Server Pada Linux Mint Mate 17.3 dan 18

 Assalamualaikum kali ni saya akan share ilmu saya tentang instalasi dan konfigurasi LAMP server ,ini sangat berguna sekali bagi teman teman yang 
mau menginstal aplikasi berbasis web seperti moodle dan sebagai nya 



1.Pengertian 


LAMP adalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.
Komponen-komponen dari LAMP:

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux
Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.
Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.
Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.

  • MariaDB atau MySQL – sistem basis data
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL

MariaDB merupakan versi pengembangan terbuka dan mandiri dari MySQL. Sejak diakuisisinya MySQL oleh Oracle pada September 2010, Monty Program sebagai penulis awal kode sumber MySQL memisahkan diri dari pengembangan dan membuat versi yang lebih mandiri yakni MariaDB.

Keistimewaan MariaDB

  1. Portabilitas. MariaDB dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
  2. Perangkat lunak sumber terbuka. MariaDB didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.
  3. Multi-user. MariaDB dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
  4. 'Performance tuning', MariaDB memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
  5. Ragam tipe data. MariaDB memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
  6. Perintah dan Fungsi. MariaDB memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
  7. Keamanan. MariaDB memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
  8. Skalabilitas dan Pembatasan. MariaDB mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
  9. Konektivitas. MariaDB dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
  10. Pelokalan Bahasa. MariaDB dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
  11. Antar Muka. MariaDB memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
  12. Klien dan Peralatan. MariaDB dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
  13. Struktur tabel. MariaDB memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.
 Jadi dilihat dari keistimewannya ,kita nanti memilih MariaDB untuk dijadikan database
  • PHP atau Perl atau Python – bahasa pemrograman yang dipakai
PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

2.Latar Belakang


Dalam menerapkan pemanfaatkan sistem pada pada server,LAMP sangatlah penting untuk kita lakukan instalalasi dan konfigurasi untuk selanjutnya kita instal aplikasi berbasis web,aplikasi web tersebut berguna untuk komunikasi antara pengguna web dan web administrator,maka dari itu perlu adanya LAMP server.


3.Maksud dan Tujuan 

Instalasi dan Konfigurasi LAMP server ini merupakan hal hal yang sangat wajib dilakukan setelah instalasi server ,namun bagi yang mau ingin latihan,
tutorial ini memberikan panduan dalam instalasi LAMP server kita bisa menggunakan sistem operasi pada komputer kita sendiri misalkan linux mint 17.3 dan 18.Jadi packet apa saja yang harus kita diinstal dan dikonfigurasi adalah:
  • Apache2
  • PHP5 untuk linux mint mate 17.3
  • PHP7.0 untuk linux mint mate 18
  • MariaDB-Server
  • Phpmyadmin
I have a problem and it SOLVED!

4.Jangka Waktu Kegiatan 

Dibutuhkan wakt kurang lebih 1 sampai 3 jam dalam hal pemahaman sampai pendalaman instalasi dan konfigurasi

5.Alat dan Bahan 

  • Linux mint mate 17.3 dan 18
  • koneksi internet
  • Terminal
  • Web Browser

6.Tahapan dan Langkah Kegiatan

Sebelum kita mulai pelaksanaannya jangan lupa kita update dan upgrade dulu  linux mint nya,Buka terminal dan masukan perintah berikut
  • #apt-get update
  • #apt-get upgrade

 Tahap Pertama:Instalasi Apache2
  • #apt-get install apache2
  • aktifkan dengan perintah #service apache2 start
  • lalu cek status apache dengan #service apache2 status
  •  Kemudian kita buka web browser da test dengan mengetikan url localhost
Tahap Kedua:Instalasi PHP 

untuk linux mint 17.3 kita menggunakan perintah

#apt-get install php5 php5-mysql php5-gd php5-json php5-mcrypt php5-xmlrpc php5-cli php5-intl php5-curl php-pear php5-imagick

untuk linux mint 18 kita menggunakan perintah

#apt-get install php7.0 php7.0-mysql libapache2-mod-php7.0 php7.0-mbstring php7.0-common php7.0-gd php7.0-mcrypt php-gettext php7.0-curl php7.0-cli

Jika ada tampilan seperti ini saat melakukan instalasi,berarti instalasi gagal.


E: Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11 Resource temporarily unavailable)
E: Unable to lock the administration directory (/var/lib/dpkg/) is another process using it?

 Untuk mengatasinya kita bisa remove lock file dengan perintah

#rm /var/lib/apt/lists/lock

Jika masih belum bisa juga kita harus menghapus juga lock file yang ada di cache directory

#rm /var/cache/apt/archives/lock


Kemudian kita bisa lanjutkan instalasi php tadi dengan lancar

Untuk mengetahui PHP-extention apa saja yang sudah terinstall kita buat file baru pada folder root
server :


# nano /var/www/html/info.php


kemudian masukan script berikut


<?php
phpinfo();
?>

  • kemudian kita bisa uji dengan membuka web brower dengan mengetikan url localhost/info.php


Tahap Ketiga:Instalasi Mariadb-server

  • #apt-get install mariadb-server
  • kemudian akan muncul tampilan GUI seperti gambar di bawah ini .disitu kita disuruh untuk memasukan password login untuk mysql

  • kemudian kita disuruh memaukan pasword ulang



  • jika sudah mulai mysqlnya #service mysqld start
  • untuk cek status #service mysqld status
  • untuk pengujian kita bisa memakai perintah #mysql -u root -p untuk login
  • kemudian masukkan password yang kita beri saat instalasi mariadb-server tadi
  • Hasilnya seperti gambar dibawah ini


Tahap keempat:Instalasi Phpmyadmin

  • #apt-get install phpmyadmin
  • pada tampilan GUI pertama kita pilih apache2



  •  Pilih yes
  •  Masukan password dari Mariadb
  •  Masukan pasword aplikasi mysql untuk phpmyadmin
  •  Masukkan passwordnya lagi
  •  Kemudian kita bisa test dengan membuka web browser dengan memasukan url localhost/phpmyadmin
  • lalu masukan username root dan password dari mariadb tadi

 Selesai


7.Hasil yang Didapatkan dan
Kesimpulan 

 Hasil dari praktek yang sudah dilakukan adalah kita dapat mengatur semua konfigurasi Mysql lewat phpmyadmin,kesimpulannya phpmyadmin adalah versi GUI dari Mysql.



9.Referensi




  • http://www.2daygeek.com/install-lamp-stack-apache-mariadb-php-phpmyadmin-on-linuxmint/
  • http://askubuntu.com/questions/15433/unable-to-lock-the-administration-directory-var-lib-dpkg-is-another-process
  • https://id.wikipedia.org/wiki/LAMP
  • Previous Post
    Next Post

    0 comments: