Friday, March 23, 2018

Cara Instal dan Konfigurasi FTP Server Debian 9 Strecth

Cara Instal dan Konfigurasi FTP Server Debian 9 Strecth

Cara Instal dan Konfigurasi FTP Server Debian 9 Strecth

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.

KELEBIHAN & KEKURANGAN FTP

Kelebihan dari FTP

1.    FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data
2.    FTP dapat mentransfer data
3.    Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus jadi tidak satu persatu.
4.    Pada FTP dapat melayani tukar-menukar file
5.    FTP merupakan Versi paling gres juga dilengkapi dengan seperangkat program auditdan penanganan acount.

Kekurangan dari FTP

1.    FTP merupakan cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena filedikirimkan tanpa di enskripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear teks. Mode text yangdipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary.
2.    Keamanan dan kemudahan penggunaan seringkali berbentrokan dan menjadi dilema para administrator sistem.
3.    FTP desainnya masih lemah sehingga mengakibatkan tidak terinformasinya paraadministrator sistem mengenai resiko yang mereka hadapi.

CARA KERJA FTP

1.    Port standard FTP adalah 21 (pada server).
2.    Pada sisi server, ftp server menunggu incoming connection di port 21 (default).
3.    FTP client mencoba connect ke ftp server (daemon) dengan memasukan user  password nya (biasanya FTP memang memiliki suatu autentikasi tersendiri.)
4.    FTP server men-check apakah si user dan password nya valid, Jika valid maka akan  berlanjut ke step berikutnya, jika tidak valid maka akan diminta memasukan user/password yang lain beberapa kali, jika tetap invalid maka koneksi akan diputuskan.
5.    Setelah user tervalidasi maka ftp client dapat men-download/men-upload atau pun mendelete file yang terdapat di server, tergantung dari hak akses yang dimiliki.

PROSES PADA FTP

1.    Upload = Proses transfer data dari komputer local ke komputer server yang menyediakan akses FTP.
2.    Download = Proses transfer data dari komputer server ke komputer local.

JENIS – JENIS FTP

Berdasarkan Hak Akses :
1.    FTP UserFTP user artinya FTP yang dapat di akses dan memiliki permisi hanya di batasi hanya untuk user tertentu. Karena FTP user disertakan suatu autentifikasi bila kita akan mengakses ke dalam nya. Format dari FTP user
2.    FTP AnonymousFTP anonymous artinya FTP yang disediakan secara anonymous/ tanpa nama, dengan kata lain FTP tersebut dapat di akses oleh siapapun dan biasanya tanpa password ataupun bila di minta password. Biasanya server meminta alamat email kita sebagai password nya untuk ferivikasi. Format dari FTP anonymous : ftp://ftp5.freebsd.org

Untuk menginstal FTP server dibutuhkan paket proftpd dengan perintah sebagai berikut.


Setelah menginstal lalu edit file proftpd.conf


Edit seperti gambar dibawah ini.


Useipv6...off menandakan server ftp kita idak menggunakan ipv6, kemudian beri domain server debian.


Kemudian pada gambar dibawah menyatakan anonymous /home/tkj yang artinya direktori yang terbuka nanti adalah /home/tkj dengan menggunakan user tkj sebagai username login



Jika sudah selesai lalu keluar dan simpan file. Kemudian restart proftpd.


Lalu untuk pengujian buka web browser klien, masukan url ftp://smk.id lalu login menggunakan username tkj dan passwordnya.


Jika sudah login maka akan muncul isi dari direktori /home/tkj


 Adapun aplikasi yang dapat digunakan sebagai ftp klien salah satunya adalah filezilla, install filezilla kemudian buka dan untuk menggunakannya, masukan alamat ip/domain pada host, kemudian masukan username dan password user, kemudian klik quickconnect.


Previous Post
Next Post

0 comments: