Thursday, March 22, 2018

Cara Konfigurasi VirtualHost (Apache2) Server Debian 9 Strecth

Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs contohnya: smk.id merupakan sebuah domain induk. Sedangkan mail.smk.id merupakan sebuah sub domain. Biasanya, subdomain ada di depan domain dan dipisah dengan titik, seperti mail.smk.id. mail merupakan subdomain smk, sedangkan smk itu sendiri adalah domain induk. Subdomain juga sebagai Third level domain.
Satu server memungkinkan mempunyai domain lebih satu, setiap domain yang dibuka pada web browser klien memiliki tampilan dan service yang berbeda beda sesuai dengan service apa yang telah diberikan oleh server web itu sendiri contohnya sub domain www.smk.id, saya akan memberikan halaman yang berbeda daripada sub domain yang lain. Saya akan membuat folder baru bernama www.smk.id  didalam direktori root web server yaitu /var/www/html dengan menggunakan perintah mkdir, kemudian membuat file index.html di dalam folder www.smk.id tersebut.

Kemudian masukan skrip html sederhana didalamnya, kemudian simpan simpan dan keluar.


Lalu masuk ke direktori /etc/apache2/sites-available/ untuk mengkonfigurasi virtualhost.

Kemudian ketik ls untuk meihat isi yang ada di direktori tersebut.
Kemudian copy file 000-default.conf menjadi file bernama www.smk.id.conf

Lalu edit file www.smk.id.conf

Edit seperti gambar dibawah, jangan lupa untuk keluar dan simpan.


Lalu aktifkan site www.smk.id.conf


Lalu restart service apache2 dengan mengetik perintah berikut.


Kemudian pada web browser klien buka alamat url http://www.smk.id maka muncul tampilan yang sudah kita buat file html nya tadi.

Previous Post
Next Post

0 comments: